MITTLESCHMERZ … entah gimana cara baca tulisan ini? tapi yang jelas ini adalah nama penyakit.. bukan penyakit juga sih sebenernya..

pernah gak ngrasa sakit perut bagian bawah tapi sebelah aja, bisa kiri ato kanan? beberapa bulan ini aku sering banget merasakan gejala ini dan kebetulan banget aku baca majalah (majalah CHIC ed.72) yang bahas masalah ini..

Mittleschmerz (aduuuh tetep aja susah bacanya) berasal dari bahasa Jerman yang artinya “nyeri tengah siklus” atau juga dikenal “nyeri ovulasi”. Keadaan ini dapat dirasakan oleh lebih kurang 20% perempuan, baik pada setiap siklus menstruasi yang terjadi secara teratur ataupun tidak teratur setiap bulannya.

Biasanya mittleschmerz ditandai dengan nyeri perut bawah sebelah kiri ataupun kanan saat pertengahan siklus menstruasi, sesuai dengan ovarium yang berovulasi. Nyeri tersebut bisa hilang dalam jangka waktu yang bervariasi, mulai dari beberapa jam sampai dengan tiga hari. Sakit yang muncul akibat mittleschmerz antara lain sakit yang terasa seperti kram, kadang disertai pendarahan ringan dengan cairan Miss V.

Adapun penyebab yang mungkin adalah adanya pembengkakan ovarium saat ovulasi, robeknya dinding ovarium saat ovulasi, saluran tuba yang berkontraksi dan iritasi karena cairan yang dikeluarkan saat ovulasi. Semua keadaan di atas merupakan keadaan yang biasa dialami setiap perempuan dan sifatnya tidak berbahaya.

Rasa sakit ini tidak berbahaya dan tidak menandakan adanya penyakit. Karena nyeri tersebut disebabkan oleh proses ovulasi maka untuk menghindarinya dapat menggunakan obat untuk menghindari ovulasi yaitu dengan kontrasepsi hormonal, salah satunya adalah oral kontrasepsi (pil).

Dengan tidak terjadinya ovulasi, maka nyeri pada pertengahan menstruasi ini pun akan hilang. Jika seorang perempuan mengalami keluhan tersebut (pada saat ovulasi) maka untuk mengurangi nyeri dapat digunakan obat penghilang nyeri seperti paracetamol.

Jadi nih buat yang ngrasain hal yg sama kayak aku gini.. insyaAllah bukan penyakit ya.. oya sedikit saran nih.. bisa loh dgn rajin olahraga jadi gak sakit lagi paling gak kurang lahhh.. olahraganya yg simpel aja jalan kaki 30 menit tiap hari or 3x seminggu udh cukup…

About these ads